Selasa, 03 Mei 2011

Taling Chan Floating Market


Hari ke-2 di Bangkok

Hari masih pagi ketika saya dan Ocha memulai jalan-jalan, sarapan pagi kita nikmati dengan jajan di kaki lima depan hotel, menunya martabak plus ayam goreng dan segelas Thai tea hangat, cukup….

Pagi ini saya dan Ocha akan mengunjungi pasar terapung Taling Chan, saran Dede http://www.travelpod.com/members/chasingrainbow kalau penasaran lihat floating market kunjungi Taling Chan karena tempatnya tidak terlalu jauh dan masih berada di seputaran kota Bangkok.

Seperti waktu sebelumnya ketika kita naik taxi… kali ini pun saya perlihatkan tulisan Thai kepada supir taxi, seperti ini ตลาดน้ำตลิ่งชัน yang artinya Taling Chan floating market, lalu gunakan kalkulator untuk tanya dan tawar harga… it’s work….!! Seberapa besar tawarannya? Saya sih kadang jadi raja tega hehehe…. Setengah harga yang di tawarkan atau sedikit dibawahnya! kemudian bisa naik bertahap sampai ke dua belah pihak sepakat harga.

Jalan menuju pasar terapung Taling Chan ramai pedagang

Lokasi Taling Chan kira-kira 50m dari jalan raya, disepanjang jalan menuju tepi sungai tempat pasar terapung ini berada dipenuhi pedagang yang berjualan berjajar di sisi-sisi jalan. Jualannya juga beragam..mulai dari pakaian, makanan, tanaman, buah-buahan (ada duren..ada duren… ini asli duren 'di' Bangkok).

asli durian di Bangkok

ketan bakar


macam-macam sayuran segar, dari bunga kantil sampai asparagus tersedia


ada ikan pindang juga, seperti yang ada di pasar tradisional di Indonesia

macam-macam gorengan

rangginang (?) juga ada

Pasar terapung Taling Chan menurut saya lebih mirip rumah makan terapung, dimana ada saung memanjang di atas sungai, didalamnya tersedia deretan meja-meja lesehan. Uniknya kita memesan atau membeli makanan dari pedagang yang menjajakan jualannya dari atas perahu. Ada udang dan ikan bakar, ada sate daging, sate sosis, sate baso, dan ada perahu yang penuh dengan macam-macam minuman, ada cendol, cente dan buah-buahan segar. Sayang karena perut masih penuh terisi sarapan jadi kita tidak sempat mencicipi makanan disini.

pedagang makanan sedang menyiapkan masakan

pedagang makanan, ada sate sosis, sate baso, dan sate daging


ramai pengunjung

pedagang bunga juga ada

pedagang es campur dan es cendol

Ada pemandangan menarik di sungai ini, banyak ikan berukuran besar yang berenang-renang tidak menjauh dan terbawa arus sungai, berkumpul… ”kecipak kecipuk”..ramai, ketika ada seorang anak kecil melemparkan potongan roti ke sungai.

perhatikan ikan yang berenang-renang di sungai.... banyak banget

"wah.....gimana bisa ya..ikannya gak berenang jauh ikut aliran sungai dan jinak pada orang yang datang mendekat memberikan makanan?" Tapi setelah saya duduk dipinggir sungai dan memperhatikan ternyata….. ada bagian sungai yang di bendung sehingga ikan-ikan tidak bisa lepas ke aliran sungai.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Bunda, naik taxi ke Taling Chan kena berapa Baht? Bunda naik dari mana? Terima kasih... :)

RIKA mengatakan...

naik taxi dari depan first hotel tempat kami menginap, ke Taling Chan 250 Bath.